Selamat Datang

Kami ucapkan terimakasih telah berkunjung di blog ini, semoga bisa bermanfaat dan memberi inspirasi bagi yang membacanya.

Jumat, 06 Februari 2015

INOVASI PENDIDIKAN



INOVASI PENDIDIKAN

Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat menuntut adanya pembaharuan-pembaharuan atau inovasi untuk menunjang perkembangan zaman tersebut. Salah satu hasil dari perkembangan zaman adalah kemajuan IPTEK terutama dalam bidang pendidikan. Dengan kemajuan tersebut mengharuskan inovasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia karena kita tahu bahwa dengan kualitas manusia yang tinggi maka akan mempermudah manusia tersebut untuk menggali segala kemampuannya agar tidak tertinggal oleh zaman yang terus berkembang. Berbicara mengenai inovasi (pembaharuan) mengingatkan kita pada istilah invention dan discovery. Invention adalah penemuan sesuatu yang benar-benar baru artinya hasil karya manuasia. Discovery adalah penemuan sesuatu (benda yang sebenarnya telah ada sebelumnya. Dengan demikian, inovasi dapat diartikan usaha menemukan benda yang baru dengan jalan melakukan kegiatan (usaha) invention dan discovery.

Inovasi-inovasi dalam pendidikan yang dilakukan seperti pembenahan sistem pendidikan, peningkatan mutu guru, kualitas pembelajaran, dan lain-lain. Sementara itu inovasi dalam teknologi juga perlu diperhatikan mengingat banyak hasil-hasil teknologi yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, seperti penggunaannya untuk teknologi pembelajaran, prosedur supervise serta pengelolaan informasi pendidikan yang dapat meningkatkan efisiensi pelaksanaan pendidikan
Dengan kemajuan IPTEK inovasi dalam pembelajaran sangat diperlukan guna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Inovasi pembelajaran ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang timbul dalam proses pembelajaran. Selain itu inovasi juga untuk meningkatkan kualitas lulusan yang dihasilkan. Jadi, inovasi pembelajaran adalah suatu perubahan dalam pembelajaran yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang timbul dan peningkatan kualitas lulusan yang dihasilkan.


A.    Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli
1.      Everett M. Rogers (1983), Mendefisisikan bahwa inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.
2.      Stephen Robbins (1994), Mendefinisikan, inovasi sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.
Berdasarkan pengertian tersebut, Robbins lebih memfokuskan pada tiga hal utama yaitu :
a)      Gagasan baru yaitu suatu olah pikir dalam mengamati suatu fenomena yang sedang terjadi, termasuk dalam bidang pendidikan, gagasan baru ini dapat berupa penemuan dari suatu gagasan pemikiran, Ide, sistem sampai pada kemungkinan gagasan yang mengkristal.
b)      Produk dan jasa yaitu hasil langkah lanjutan dari adanya gagasan baru yang ditindak lanjuti dengan berbagai aktivitas, kajian, penelitian dan percobaan sehingga melahirkan konsep yang lebih konkret dalam bentuk produk dan jasa yang siap dikembangkan dan dimplementasikan termasuk hasil inovasi dibidang pendidikan.
c)      Upaya perbaikan yaitu usaha sistematis untuk melakukan penyempurnaan dan melakukan perbaikan (improvement) yang terus menerus sehingga buah inovasi itu dapat dirasakan manfaatnya

3.       Van de Ven, Andrew H
Inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dimana dalam jangka waktu tertentu melakukan transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan  organisasi.

4.      Kuniyoshi Urabe
Inovasi bukan merupakan kegiatan satu kali pukul (one time phenomenon),melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif yang meliputi banyak proses pengambilan  keputusan  di dan oleh  organisasi dari mulai penemuan gagasan sampai implementasinya di pasar.
5.      Menurut Essentad inovasi ini adalah proses perubahan sosial, ekonomi politik, yang telah berkembang di Eropa barat dan Amerika utara dari abad ke 17 – ke – 19 dan kemudian berkembang pula ke Amerika Selatan, Asia dan Amerika.

6.      Menurut Zalman dan Ducan inovasi adalah perubahan sosial yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dan diamati sebagai suatu yang baru bagi sekelompok orang. Tetapi perubahan sosial belum tentu Inovasi.


7.      UU No. 18 tahun 2002
Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.


B.     Pengertian Inovasi Pendidikan Menurut Ahli

1.      Ibrahim (1988) mengemukakan bahwa inovasi pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Jadi, inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil intervensi (penemuan baru) atau discovery (baru ditemukan orang), yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah pendidikan nasional.
2.      Demikian pula Ansyar dan Nurtain (1991) mengemukakan adalah gagasan, perbuatan atau sesuatu yang baru dalam konteks social tertentu untuk menjawab masalah yang dihadapi.
3.      Hamijoyo mengemukakan inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan.
4.      Inovasi Pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan bersifat kualitatif, berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan tertentu dalam pendidikan (B.Suryosubroto, “Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan”).
C.    Tujuan Inovasi Pendidikan
Tujuan utama inovasi adalah:
1)         meningkatkan kualitas;
2)         menciptakan pasar baru;
3)         memperluas jangkauan produk;
4)         mengurangi biaya tenaga kerja;
5)         meningkatkan proses produksi;
6)         mengurangi bahanbaku;
7)         mengurangi kerusakan lingkungan;
8)         mengganti produk atau pelayanan;
9)         mengurangi konsumsi energi;
10)     menyesuaikan diri dengan undang-undang
Menurut Santoso (1974) tujuan utama inovasi, yakni meningkatkan sumber-sumber tenaga, uang dan sarana termasuk struktur dan prosedur organisasi. Tujuan inovasi pendidikan adalah meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas dan efektivitas : sarana serta jumlah peserta didik sebanyak-banyaknya dengan hasil pendidikan sebesar-besarnya (menurut kriteria kebutuhan peserta didik, masyarakat dan pembangunan) dengan menggunakan sumber, tenaga, uang, alat dan waktu dalam jumlah yang sekecil-kecilnya.
Kalau dikaji, arah tujuan inovasi pendidikan Indonesia tahap demi tahap, yaitu :
1)      Mengejar ketinggalan-ketinggalan yang dihasilkan oleh kemajuan-kemajuan ilmu dan tekhnologi sehingga makin lama pendidikan di Indonesia makin berjalan sejajar dengan kemajuan-kemajuan tersebut.
2)      Mengusahakan terselenggarakannya pendidikan sekolah maupun luar sekolah bagi setiap warga Negara, misalnya meningkatkan daya tampung usia sekolah SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi.
Disamping itu, akan diusahakan peningkatan mutu yang dirasakan makin menurun dewasa ini. Dengan sistem penyampaian yang baru, diharapkan peserta didik menjadi manusia yang aktif, kreatif dan terampil memecahkan masalahnya sendiri.
Adapun tujuan inovasi pendidikan di Indonesia pada umumnya adalah :
1)   Lebih meratanya pelayanan pendidikan
2)   Lebih serasinya kegiatan belajar
3)   Lebih efisien dan ekonomisnya pendidikan
4)   Lebih efektif dan efisiensinya sistem penyajian
5)   Lebih lancar dan sempurnanya sistem informasi kebijakan
6)   Lebih dihargainya unsur kebudayaan nasional
7)   Lebih kokohnya kesadaran, identitas dan kesadaran nasional
8)   Tumbuhnya masyarakat gemar belajar
9)   Tersebarnya paket pendidikan yang memikat, mudah dicerna dan mudah diperoleh
10)    Meluasnya kesempatan kerja

D. Manfaat Inovasi
            Secara umum, manfaat inovasi yang dapat dirasakan adalah :
1.      Peningkatan kualitas hidup manusia melalui penemuan – penemuan baru yang membantu dalam proses pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
2.      Adanya peningkatan dalam kemampuan mendistribusikan kualitas dalam wadah penciptaan sesuatu yang baru.
Berdasarkan berbagai uraian di atas dapat di simpulkan bahwa inovasi adalah segala hasil kreativitas manusia yang merupakan ide, gagasan dan penemuan baru diberbagai hal yang bermanfaat demi memenuhi kebutuhan manusia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman