Selamat Datang

Kami ucapkan terimakasih telah berkunjung di blog ini, semoga bisa bermanfaat dan memberi inspirasi bagi yang membacanya.

Kamis, 05 Desember 2013

Perumusan tujuan pembelajaran IPA di SD/ MI


Perumusan tujuan pembelajaran IPAPerumusan tujuan pembelajaran IPA
Pada hakikatnya, IPA dapat ditinjau dari tiga segi yaitu dari segi produk, proses, dan pengembangan sikap. Maknanya, dalam belajar IPA memiliki dimensi proses, hasil (produk), pengembangan sikap ilmiah. Ketiganya bersifat saling terkait, sehingga guru dalam melaksanakan proses pembelajaran harus mengandung ketiga dimensi tersebut.
· IPA Sebagai Produk: Merupakan hasil IPA yang umumnya berupa fakta, konsep teori, hukum, yang kesemuanya dapat dianggap sebagai body of knowladge. Produk IPA juga terkait erat dengan perkembangan teknologi.
· IPA Sebagai Proses: Makna IPA sebagai proses adalah proses untuk mendapatkan IPA yang dilakukan melalui metode ilmiah. Pada anak-anak usia SD/MI, metode ilmiah dikembangkan secara bertahap, berkesinambungan, dengan harapan bahwa pada akhirnya akan terbentuk paduan yang lebih utuh sehingga harapannya anak-anak SD/MI mampu melakukan penelitian secara sederhana. Pentahapan pengembangannya disesuaikan dengan tahapan metode ilmiah yang meliputi : (1) melakukan pengamatan eksploratif yang memunculkan pertanyaan/ permasalahan; (2) merumuskan masalah/ pertanyaan; (3) mengumpulkan data melalui pengamatan maupun percobaan (eksperimen); (4) membuat simpulan tentang jawaban masalah berdasarkan data. Guna dapat melakukan kegiatan tersebut di atas diperlukan keterampilan proses yang meliputi : (1) observasi, (2) klasifikasi, (3) interpretasi, (4) prediksi, (5) hipotesis, (6) mengendalikan variabel, (7) merencanakan dan melaksanakan penelitian, (8) inferensi, (9) aplikasi, dan (10) komunikasi. Kesepuluh keterampilan dasar tersebut sangat diperlukan dalam proses mendapatkan IPA.
· IPA Sebagai Pemupuk Sikap: Di dalam kontek pengajaran IPA, makna sikap dibatasi pengertiannya pada sikap ilmiah terhadap alam sekitar. Sikap ilmiah yang memungkinkan dapat dikembangkan pada anak-anak usia SD/MI adalah : (1) sikap ingin tahu; (2) sikap ingin mendapatkan sesuatu yang baru; (3) sikap kerjasama; (4) sikap tidak putus asa; (5) sikap tidak berprasangka; (6) sikap mawas diri; (7) sikap bertanggung jawab; (8) sikap berpikir bebas; dan (9) sikap disiplin diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman